Tingkatkan Kemampuan Linmas Desa, Kapolsek Mandalawangi Berikan Materi Binluh


PANDEGLANG, BANTEN,- Guna dapat meningkatkan kemampuan dasar tugas pokok dalam pengamanan lingkungan masyarakat, Kapolsek Mandalawangi Polres Pandeglang Polda Banten bersama tiga pilar memberikan penyuluhan dan latihan dasar pada anggota Linmas se-kecamatan Mandalawangi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor kecamatan Mandalawangi kabupaten Pandeglang, pada Senin (28/12/2021).

Penyuluhan dan pelatihan ini diberikan oleh Kapolsek Mandalawangi, Danramil Mandalawangi dan Kasie Trantib Satpol-PP kecamatan Mandalawangi, dihadiri oleh seluruh kepala desa.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Mandalawangi AKP Totok Warsito memberikan latihan dasar keterampilan baris, sikap tampang dan perilaku sebagai anggota Linmas sehingga di lihat baik dalam melaksanakan tugas Linmas di Masyarakat.

Kapolsek juga memberikan pemahaman tugas dan peran serta fungsi Linmas pokok dalam pembinaan keamanan masyarakat utamanya binkamtibmas swakarsa untuk mewujudkan daya tangkal, daya cegah serta penanggulangan terhadap gangguan kamtibmas dilingkungannya secara swakarsa.

AKP Totok Warsito juga menjelaskan tentang Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan suatu Linmas, Linmas adalah keadaan dinamis dimana masyarakat disiapkan dan diberikan pengetahuan serta pelatihan untuk melaksanakan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara dan memelihara manajemen maupun penerapannya.

“Dalam kegiatan Sosial kemasyarakatan Linmas memiliki 5 regu yaitu Regu Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan dini, Regu Pengamanan, Regu Pertolongan pertama pada korban dan kebakaran, Regu Penyelamatan dan evakuasi, dan juga Regu dapur umum,” jelas AKP Totok Warsito.

“Kita juga memberikan pemahaman tentang teknis pengamanan Linmas sehingga Linmas dapat melakukan tugasnya dengan baik dan dapat menjalankan prosedur/aturan yang berlaku,” tambahnya.

Kapolsek juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini penting karena untuk menumbuh kembangkan potensi Linmas terutama dibidang kamtibmas dalam membantu tugas-tugas Polri menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Dia juga mengajak untuk meningkatkan kedisiplinan, kesiapsiagaan serta selalu lapor dan tanggap cepat dalam segala tindakan dan kegiatan positif di desa sehingga timbulnya keamanan, ketertiban dan ketentraman di Kelurahan Kertosari.

”Linmas merupakan garda terdepan sebagai pendukung utama Aparat Keamanan baik TNI maupun Polri dalam membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, sehingga setiap ada kegiatan yang melibatkan masa, Linmas harus terlibat langsung didalamnya,” imbuhnya.

Kapolsek Mandalawangi mengajak kepada seluruh anggota Linmas agar mengikuti penyuluhan dan pelatihan guna meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggungjawab terhadap tugas dan kewajibannya.

“Sebab peran aktif Linmas dalam segala kegiatan positif untuk memajukan wilayahnya masing-masing,” tutup AKP Totok.

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …